Berawal dari keisengan buka dompet kunci mobil, nampaklah
bahwa masa berlaku STNK Soluber rupanya sudah lewat 4 hari yang lalu tepatnya
25 Juli 2018. Akhirnya berhubung rekan sekomunitas ada yang berprofesi sebagai
biro jasa perpanjangan STNK obalah bertanya terkait durasi dan biaya, soalnya
kali ini termasuk ganti kaleng plat nomer, biasanya kalau hanya sekedar bayar
pajak tahunan saya membayar di Bank BJB depan Bintaro Plaza yang buka sampai
jam 12 siang setiap hari sabtu. Berhubung rekan tersebut lagi repot dengan
acara komunitas maka akhirnya cobalah nekat mengurus sendiri perpanjangan STNK
di Samsat Ciputat di jalan R.E. Martadinata No.10, Cipayung,
Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15411
Karena sudah tau lokasinya dan “kultur”
pengurusan administrasi di beberapa instansi di Indonesia, maka selain
mempersiapkan berkas berkas yang dibutuhkan saya juga mempersiapkan beberapa
lembar “uang recehan” untuk pengurusan ini.
Berkas yang disiapkan :
1.
STNK Asli
2.
BPKB Asli
3.
KTP Pemilik sesuai STNK Asli
4.
Surat kuasa jika nama pemilik dan pengurus
berbeda
Sabtu 4 Agustus 2018 saya sudah siap dari subuh untuk
pengurusan STNK ke Samsat Ciputat karena jaraknya juga tidak terlalu jauh dari
domisili saya di Bintaro.
06.51 WIB Antri Cek Fisik
Soluber sudah memasuki lokasi samsat ciputat dan langsung
ngantri di lokasi Check Fisik kendaraan, ternyata disana sudah ada 2 kendaraan
roda 4 dan beberapa kendaraan roda 2, pada rajin banget ya kirain saya yang paling
pertama.
06.59 WIB Photo Copy Berkas
Setelah parkir dan tengak tengok keadaan, sepertinya di
bagian check fisik masih tutup karena memang loket akan buka sekitar pukul
08.00 WIB akhirnya saya mencoba ke depan dan mencari tau alur proses
perpanjangan STNK ini. Di bagian lobby sudah duduk beberapa orang petugas yang
akan memberitahu setiap proses dan membantu memeriksa berkas dan kelengkapan
administrasi. Setelah bertanya saya di arahkan untuk memfoto copy berkas
terlebih dahulu di tempat photo copy tepat di samping pintu keluar Samsat
Ciputat. Cukup memberikan STNK, BPKB, serta KTP petugas photo copy sudah
menyusun rapi segala berkas diatas
sebuah map merah (untuk roda4) dan map kuning (untuk roda 2) sehingga kita
tidak perlu repot menyusun berkas lagi. Biaya photo copy cukup Rp. 5.000,-
saja.
Oiya, KTP dan STNK asli akan disertakan dalam berkas ini
jadi jaga baik baik berkas anda, BPKB hanya dicopy saja, jangan masukkan BPKB
dalam berkas ini ya.
07.02 WIB Antri Berkas
Setelah berkas lengkap, saya kembali ke lokasi check fisik
kendaraan dimana tiba tiba lokasi jadi sangat ramai dibanding sebelumnya,
mungkin udah pada datang para wajib pajak yang taat pajak ini, memang kata
beberapa petugas yang menunggu waktu untuk apel pagi sih hari sabtu biasanya
lebih ramai disbanding hari biasa. Berkas kemudian ditumpuk diatas sebuah meja
loket yang berada di lokasi cek fisik, silakan taroh berkas di atas tumpukan
yang sudah ada dang a usah pisahkan antara yang merah ataupun yang kuning,
soalnya ada bapak bapak yang hamper rebut karena salah seorang wajib pajak yang
sangat kreatif berinisiatif memisahkan antara map merah ataupun kuning yang
dimana itu ga perlu. Ga mau kan berantem ama orang? Jadi ga usah yaaaa
07.38 WIB Formulir Cek Fisik
Ternyata saat yang ditunggu tunggu pun tiba, beberapa
petugas berkumpul di lokasi cek fisik dan mulai memanggil satu per satu nama
yang ada dalam tumpukan berkas yang sudah disusun, pasang kuping baik baik
karena jika kelewat bisa repot nunggunya lagi.
07.43 WIB Pelaksanaan cek fisik kendaraan
Saat formulir sudah anda terima, segera menuju kendaraan dan
siap siap untuk diperiksa oleh petugas, buka kap mesin kalau perlu. Jangan
khawatir jika belum tau dimana letak nomer rangka dan nomer mesin anda, karena
petugas disini sepertinya sudah khatam dimana letak nomer nomer itu.
Setelah cek fisik, petugas akan mengambil berkas anda dan
yang perlu anda lakukan adalah memindahkan kendaraan ke lokasi parkir di depan,
ini merupakan hal yang berat karena lokasi parkir Samsat Ciputat timur juga
tidak begitu luas, Alhamdulillah karena termasuk antrian awal awal maka saya
masih dapat parkir.
07.49 WIB Menunggu hasil cek fisik
Setelah memarkirkan kendaraan, kembalilah ke loket cek fisik
lagi untuk menunggu berkas anda dipanggil, saat dipanggil loketnya sepertinya
ga berguna deh karena hanya menjadi tempat memasukkan tumpukan berkas kendaraan
yang sudah di gesek rangka. Saat nama anda dipanggil masuklah memalalui pintu
disamping loket, nanti anda akan diberikan berkas anda serta melakukan
pembayaran Rp. 30.000,- disini tanpa tanda terima. Anda akan diberikan
informasi mengenai program program yang ada seperti penghapusan denda, gratis
biaya mutasi, dll.
07.54 WIB Ke Loket Formulir
Dari loket cek fisik anda akan diberitahukan langkah
selanjutnya untuk proses perpanjangan ini. Saya diarahkan ke depan kembali
untuk ke loket formulircukup berikan berkas anda kepada petugas dan menunggu
nama anda dipanggil.
08.01 WIB Ke loket Pendaftaran dan Penetapan
Tidak lama di loket formulir anda akan diarahkan ke loket
pendaftaran yang berada di lantai 1, berjalanlah menuju tangga dan tiba tiba
anda akan shock melihat banyaknya orang di lantai 1, sangat berbeda dengan keadaan
di lantai dasar. Mungkin karena disini sudah bergabung para wajib pajak dengan
segala keperluan (perpanjang, mutasi, STNK hilang, dll).
Di loket ini anda cukup menaruh berkas di loket depan
petugas yang memeriksa, siapkan BPKB asli karena berkas akan di cek beserta
BPKB anda. Jumlah petugas ada 3 orang tapi tetap saja proses disini agak lebih
lama disbanding proses yang sudah dilewati. Saat anda dipanggil persiapkan BPKB
anda untuk diperiksa agar tidak memakan waktu lebih lama.
Pasang telinga baik baik ya karena akan ada 3 loket yang bersahutan memanggil nama para wajib pajak.
08.22 WIB Pembayaran
Setelah hampir setengah jam menunggu di loket pendaftaran,
silakan menunggu di depan loket 2 yaitu pembayaran pajak. Disini petugas bank
akan memanggil anda dan memberitahukan berapa besar pajak serta denda keterlambatan
bila ada. Siapkan uang pas ya, karena jika tidak anda dapat menjadi orang yang
memperlambat proses untuk orang lain.
Waktu menunggu di sini hamper sama dengan loket sebelumnya,
sekitar 30 menit sehingga saya selesai melakukan pembayaran pada pukul 08.50
WIB.
08.50 WIB Penyerahan STNK
Selanjutnya di sebelah loket pembayarannama anda akan
dipanggil oleh loket penyerahan STNK dan SKPD, anda cukup menunjukkan bukti
pembayaran dari loket sebelumnya dan anda akan menerima STNK baru serta KTP
Asli anda. Jadi saat anda berpisah dengan KTP saat proses foto copy berlangsung
disinilah anda akan bertemu kembali dengan KTP anda. Hahahahaha.
09.01 WIB Loket TNKB
Bagi yang melakukan pengurusan TNKB baru atau istilahnya
Ganti Kaleng pajak lima tahunan, anda akan diarahkan kembali ke lantai dasar
dan menyerahkan bukti pajak ke loket TNKB. Di loket tertulis untuk pembuatan 10
plat nomer akan memakan waktu maksimal 45 menit. Alhamdulillah hari itu hanya
menunggu sekitar 5 menit sehingga ga terlalu lama menunggu nya plat nomer baru
sudah jadi.
09.07 WIB Selesai STNK dan Plat TNKB sudah ditangan.
Dari pengalaman saya proses nya cukup mudah dan teratur,
sekitar 2 jam saja proses ganti kaleng soluber sudah selesai dengan biaya Rp.
35.000,- diluar biaya pajak kendaraan masing masing beserta denda jika ada.
Jadi karena prosesnya sudah mudah, ngapain pakai jasa calo
?????????
no telp kantor samsatnya tdk bs dihub ? ada nomor lain?
BalasHapusApakah di samsat Ciputat bisa bayar pakai Debit (kartu atm non tunai) ?
BalasHapusTerima kasih.
Tidak bisa
BalasHapus