Senin, 13 Agustus 2018

Samsat Ciputat, Proses Perpanjangan STNK dan Plat Baru Tanpa Calo


Berawal dari keisengan buka dompet kunci mobil, nampaklah bahwa masa berlaku STNK Soluber rupanya sudah lewat 4 hari yang lalu tepatnya 25 Juli 2018. Akhirnya berhubung rekan sekomunitas ada yang berprofesi sebagai biro jasa perpanjangan STNK obalah bertanya terkait durasi dan biaya, soalnya kali ini termasuk ganti kaleng plat nomer, biasanya kalau hanya sekedar bayar pajak tahunan saya membayar di Bank BJB depan Bintaro Plaza yang buka sampai jam 12 siang setiap hari sabtu. Berhubung rekan tersebut lagi repot dengan acara komunitas maka akhirnya cobalah nekat mengurus sendiri perpanjangan STNK di Samsat Ciputat di jalan R.E. Martadinata No.10, Cipayung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15411

Karena sudah tau lokasinya dan “kultur” pengurusan administrasi di beberapa instansi di Indonesia, maka selain mempersiapkan berkas berkas yang dibutuhkan saya juga mempersiapkan beberapa lembar “uang recehan” untuk pengurusan ini.

Berkas yang disiapkan :
1.       STNK Asli

2.       BPKB Asli

3.       KTP Pemilik sesuai STNK Asli

4.       Surat kuasa jika nama pemilik dan pengurus berbeda

Sabtu 4 Agustus 2018 saya sudah siap dari subuh untuk pengurusan STNK ke Samsat Ciputat karena jaraknya juga tidak terlalu jauh dari domisili saya di Bintaro.

06.51 WIB Antri Cek Fisik


Soluber sudah memasuki lokasi samsat ciputat dan langsung ngantri di lokasi Check Fisik kendaraan, ternyata disana sudah ada 2 kendaraan roda 4 dan beberapa kendaraan roda 2, pada rajin banget ya kirain saya yang paling pertama.

06.59 WIB Photo Copy Berkas

 

Setelah parkir dan tengak tengok keadaan, sepertinya di bagian check fisik masih tutup karena memang loket akan buka sekitar pukul 08.00 WIB akhirnya saya mencoba ke depan dan mencari tau alur proses perpanjangan STNK ini. Di bagian lobby sudah duduk beberapa orang petugas yang akan memberitahu setiap proses dan membantu memeriksa berkas dan kelengkapan administrasi. Setelah bertanya saya di arahkan untuk memfoto copy berkas terlebih dahulu di tempat photo copy tepat di samping pintu keluar Samsat Ciputat. Cukup memberikan STNK, BPKB, serta KTP petugas photo copy sudah menyusun rapi segala berkas  diatas sebuah map merah (untuk roda4) dan map kuning (untuk roda 2) sehingga kita tidak perlu repot menyusun berkas lagi. Biaya photo copy cukup Rp. 5.000,- saja.
Oiya, KTP dan STNK asli akan disertakan dalam berkas ini jadi jaga baik baik berkas anda, BPKB hanya dicopy saja, jangan masukkan BPKB dalam berkas ini ya.


07.02 WIB Antri Berkas


Setelah berkas lengkap, saya kembali ke lokasi check fisik kendaraan dimana tiba tiba lokasi jadi sangat ramai dibanding sebelumnya, mungkin udah pada datang para wajib pajak yang taat pajak ini, memang kata beberapa petugas yang menunggu waktu untuk apel pagi sih hari sabtu biasanya lebih ramai disbanding hari biasa. Berkas kemudian ditumpuk diatas sebuah meja loket yang berada di lokasi cek fisik, silakan taroh berkas di atas tumpukan yang sudah ada dang a usah pisahkan antara yang merah ataupun yang kuning, soalnya ada bapak bapak yang hamper rebut karena salah seorang wajib pajak yang sangat kreatif berinisiatif memisahkan antara map merah ataupun kuning yang dimana itu ga perlu. Ga mau kan berantem ama orang? Jadi ga usah yaaaa


07.38 WIB Formulir Cek Fisik


Ternyata saat yang ditunggu tunggu pun tiba, beberapa petugas berkumpul di lokasi cek fisik dan mulai memanggil satu per satu nama yang ada dalam tumpukan berkas yang sudah disusun, pasang kuping baik baik karena jika kelewat bisa repot nunggunya lagi.

07.43 WIB Pelaksanaan cek fisik kendaraan




Saat formulir sudah anda terima, segera menuju kendaraan dan siap siap untuk diperiksa oleh petugas, buka kap mesin kalau perlu. Jangan khawatir jika belum tau dimana letak nomer rangka dan nomer mesin anda, karena petugas disini sepertinya sudah khatam dimana letak nomer nomer itu.
Setelah cek fisik, petugas akan mengambil berkas anda dan yang perlu anda lakukan adalah memindahkan kendaraan ke lokasi parkir di depan, ini merupakan hal yang berat karena lokasi parkir Samsat Ciputat timur juga tidak begitu luas, Alhamdulillah karena termasuk antrian awal awal maka saya masih dapat parkir.

07.49 WIB Menunggu hasil cek fisik


Setelah memarkirkan kendaraan, kembalilah ke loket cek fisik lagi untuk menunggu berkas anda dipanggil, saat dipanggil loketnya sepertinya ga berguna deh karena hanya menjadi tempat memasukkan tumpukan berkas kendaraan yang sudah di gesek rangka. Saat nama anda dipanggil masuklah memalalui pintu disamping loket, nanti anda akan diberikan berkas anda serta melakukan pembayaran Rp. 30.000,- disini tanpa tanda terima. Anda akan diberikan informasi mengenai program program yang ada seperti penghapusan denda, gratis biaya mutasi, dll.

07.54 WIB Ke Loket Formulir



Dari loket cek fisik anda akan diberitahukan langkah selanjutnya untuk proses perpanjangan ini. Saya diarahkan ke depan kembali untuk ke loket formulircukup berikan berkas anda kepada petugas dan menunggu nama anda dipanggil.

08.01 WIB Ke loket Pendaftaran dan Penetapan


Tidak lama di loket formulir anda akan diarahkan ke loket pendaftaran yang berada di lantai 1, berjalanlah menuju tangga dan tiba tiba anda akan shock melihat banyaknya orang di lantai 1, sangat berbeda dengan keadaan di lantai dasar. Mungkin karena disini sudah bergabung para wajib pajak dengan segala keperluan (perpanjang, mutasi, STNK hilang, dll).
Di loket ini anda cukup menaruh berkas di loket depan petugas yang memeriksa, siapkan BPKB asli karena berkas akan di cek beserta BPKB anda. Jumlah petugas ada 3 orang tapi tetap saja proses disini agak lebih lama disbanding proses yang sudah dilewati. Saat anda dipanggil persiapkan BPKB anda untuk diperiksa agar tidak memakan waktu lebih lama.
Pasang telinga baik baik ya karena akan ada 3 loket yang bersahutan memanggil nama para wajib pajak.

08.22 WIB Pembayaran


Setelah hampir setengah jam menunggu di loket pendaftaran, silakan menunggu di depan loket 2 yaitu pembayaran pajak. Disini petugas bank akan memanggil anda dan memberitahukan berapa besar pajak serta denda keterlambatan bila ada. Siapkan uang pas ya, karena jika tidak anda dapat menjadi orang yang memperlambat proses untuk orang lain.
Waktu menunggu di sini hamper sama dengan loket sebelumnya, sekitar 30 menit sehingga saya selesai melakukan pembayaran pada pukul 08.50 WIB.

08.50 WIB Penyerahan STNK


Selanjutnya di sebelah loket pembayarannama anda akan dipanggil oleh loket penyerahan STNK dan SKPD, anda cukup menunjukkan bukti pembayaran dari loket sebelumnya dan anda akan menerima STNK baru serta KTP Asli anda. Jadi saat anda berpisah dengan KTP saat proses foto copy berlangsung disinilah anda akan bertemu kembali dengan KTP anda. Hahahahaha.

09.01 WIB Loket TNKB
Bagi yang melakukan pengurusan TNKB baru atau istilahnya Ganti Kaleng pajak lima tahunan, anda akan diarahkan kembali ke lantai dasar dan menyerahkan bukti pajak ke loket TNKB. Di loket tertulis untuk pembuatan 10 plat nomer akan memakan waktu maksimal 45 menit. Alhamdulillah hari itu hanya menunggu sekitar 5 menit sehingga ga terlalu lama menunggu nya plat nomer baru sudah jadi.

09.07 WIB Selesai STNK dan Plat TNKB sudah ditangan.
Dari pengalaman saya proses nya cukup mudah dan teratur, sekitar 2 jam saja proses ganti kaleng soluber sudah selesai dengan biaya Rp. 35.000,- diluar biaya pajak kendaraan masing masing beserta denda jika ada.
Jadi karena prosesnya sudah mudah, ngapain pakai jasa calo ?????????

3 komentar:

  1. no telp kantor samsatnya tdk bs dihub ? ada nomor lain?

    BalasHapus
  2. Apakah di samsat Ciputat bisa bayar pakai Debit (kartu atm non tunai) ?
    Terima kasih.

    BalasHapus